Pages

Selasa, 24 Februari 2015

PROBLEM SET RELATIVITAS




  1.   Sebuah kereta api bergerak dengan kecepatan 100 km/jam. Pada saat itu Ardi berlari di atas kereta dengan kecepatan 5 km/jam searah kereta. Berapakah kecepatan Ardi tersebut menurut orang yang berada di dalam kereta api dan orang yang berdiri di stasiun ? 
  2. Seseorang yang berlari dengan kecepatan konstan 5 km/jam melewati sebuah tugu. Pada saat yang bersamaan seorang pengendara sepeda melewatinya dengan kecepatan 15 km/jam. Berapakah kecepatan sepeda relatif terhadap orang yang berlari ?
  3. Partikel Q bergerak terhadap P dengan kecepatan 0,8c ke kanan. Partikel R bergerak terhadap partikel Q dengan kecepatan 0,6 c kekanan. Tentukan kecepatan relatif parikel R terhadap P berdasarkan : a.       Relativitas Newton b.      Relativitas Einstein
  4. Seorang pengamat di Bumi melihat dua pesawat angkasa luar Adan B. Pesawat A mendekati Bumi dengan kecepatan 0,8c, sedang pesawat B menjauhi Bumi dengan kecepatan 0,6c.  Tentukanlah  kecepatan pesawat : a.       A menurut pilot B    b.      B menurut pilot A
  5. Sebuah pesawat ruang angkasa bergerak dengan kecepatan 0,6c meninggalkan bumi. Dari pesawat tersebut ditembakkan peluru dengan kecepatan 0,5c (c = kecepatan cahaya diruang hampa). Tentukan kecepatan peluru menurut pengamat di bumi jika arah peluru searah pesawat !
  6. Dua pesawat antariksa bergerak dari arah yang berlawanan menuju bumi dengan kecepatan 0,5 c dan 0,4 c. Bila c = kecepatan cahaya, maka berapakah kecepatan benda pertama relatif terhadap benda kedua?
  7. Sebuah pesawat yang diam di bumi terukur memiliki panjang 120 m. Kemudian pesawat itu bergerak dengan kecepatan 0,6c. Berapakah panjang roket tersebut menurut pengamat di bumi sekarang ?
  8. Sebuah roket sewaktu diam di bumi mempunyai panjang 150 m. Kemudian roket itu bergerak dengan kecepatan 0,8c. Berapakah panjang roket tersebut menurut pengamat di bumi saat roket bergerak ?
  9. Sebuah pesawat ruang angkasa mengitari bumi dengan kecepatan 0,8 c sambil memancarkan sinyal ke bumi. Sinyal diamati dari bumi memiliki periode 12 menit.Jika c adalah kecepatan  cahaya di udara, maka tentukan periode sinyal tersebut sebenarnya!
  10. Sebuah pesawat antariksa bergerak selama satu tahun menurut waktu pesawat, jika waktu itu sesuai dengan 1,25 tahun waktu di bumi, maka berapakah kecepatan pesawat ?
  11. Sepasang anak kembar A dan B. A berkelana di ruang angkasa  menggunakan pesawat antariksa dengan kelajuan tinggi. Setelah 10 tahun berkelana A kembali ke Bumi, tetapi menurut catatan B di Bumi , A telah berkelana selama 20 tahun. Berapa kelakuan pasawat yang ditumpangi A selama perjalanan 
  12.   Massa Pa Ismadi yang berada dalam roket  yang meluncur dengan kelajuan 0,8c adalah 120 kg diukur oleh pengamat di Bumi.  Pas Ismadi kembali ke Bumi . Berapa massa pa Ismadi jika diukur di Bumi.
  13. Berapa kelajuan sebuah elektron yang memiliki massa 4 kali massa diamnya.
  14. Hitung momentum sebuah elektron yang kelajuannya ½c√3 ( massa elektron 9 x 10-31kg)
  15. Sebuah benda memiliki massa diam 4 kg. Jika benda tersebut bergerak dengan kecepatan 0,6 c       (c = 3.108 m/s) maka tentukan :   a.    massa bergeraknya,    b.   energi diam benda  c.   energi relativitas benda   d.   energi kinetik benda !
  16.  Sebuah benda diam bermassa 6 kg. Kemudian benda bergerak dengan kecepatan 0,8 c (c = 3.108 m/s) maka  tentukan: a.     massa bergeraknya,   b.  energi diam benda   c.    energi relativitas benda      d.   energi kinetik benda!


d'Is

Tidak ada komentar:

Posting Komentar