Pages

Minggu, 23 Agustus 2009

MAKNA SHAUM ROMADHON

Oleh : Ismadi Zainal



Bulan Ramadhon sudah tiba. Semua orang yang beriman menyambutnya dengan suka cita tamu yang diagung-agungkan itu yang datangnya hanya satu bulan dalam satu tahun. Bulan ramadhon sangat istimewa karena bulan itu adalah bulan suci dan penuh barokah yang bertujuan mendidik orang-orang mukmin agar menjadi orang yang bertaqwa:


Firman Alloh:


Yaa ayyuhal ladziina aamanuu kutiba alaikum ushshiayaamu kama kutiba ‘alalladziina min qoblikum la’allakum tattaquun.

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan kepadamu shaum sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa” (QS. Al- Baqoroh: 183)

Alloh mewajibkan shaumkepada umat mukmin dengan alasan seperti kisah di bawah ini:


“Ali bin Abi Talib r.a. berkata, "Sewaktu Rasullullah S.A.W duduk bersama para sahabat Muhajirin dan Ansar, maka dengan tiba-tiba datanglah satu rombongan orang-orang Yahudi lalu berkata:

'Ya Muhammad, kami hendak bertanya kepada kamu kalimat-kalimat yang telah diberikan oleh Allah kepada Nabi Musa a.s. yang tidak diberikan kecuali kepada para Nabi utusan Allah atau malaikat muqarrab.'

Lalu Rasullullah S.A.W bersabda, 'Silakan kamu bertanya”

(Setelah bertanya tentang shalat dan manfatanya dan dijawab oleh Rosululloh dan dibenarkan oleh orang yahudi), orang yahudi bertanya:

“Katakan kepada kami semua, kenapakah Allah SWT mewajibkan puasa 30 hari ke atas umatmu ?

Sabda Rasullullah S.A.W , 'Ketika Nabi Adam memakan buah pohon khuldi yang dilarang, lalu makanan itu tersangkut dalam perut Nabi Adam a.s. selama 30 hari. Kemudian Allah SWT mewajibkan ke atas keturunan Adam a.s. berlapar selama 30 hari.

Sementara diizin makan di waktu malam itu adalah sebagai kurnia Allah SWT kepada makhluk-Nya.'

Kata orang Yahudi lagi, 'Wahai Muhammad, memang benarlah apa yang kamu katakan itu. Kini terangkan kepada kami mengenai ganjaran pahala yang diperolehi daripada berpuasa itu.'

Sabda Rasullullah S.A.W , 'Seorang hamba yang berpuasa dalam bulan Ramadhan dengan ikhlas kepada Allah SWT, dia akan diberikan oleh Allah SWT 7 perkara:

1. Akan dicairkan daging haram yang tumbuh dari badannya (daging yang tumbuh daripada makanan yang haram).

2. Rahmat Allah sentiasa dekat dengannya.

3. Diberi oleh Allah sebaik-baik amal.

4. Dijauhkan daripada merasa lapar dan dahaga.

5. Diringankan baginya siksa kubur (siksa yang amat mengerikan).

6. Diberikan cahaya oleh Allah SWT pada hari Kiamat untuk menyeberang Titian Sirath.

7. Allah SWT akan memberinya tempat di syurga.'



Bulan Romadhon dapat diibaratkan sebagai stasiun BBM yang di dalamnya terdapat PREMIUM, SOLAR, MINYAK TANAH, PERTAMAX, dan disana dijual juga PULSA SIMPATI dan GAS


1. BBM = Bulan penuh Barokah dan Maghfiroh artinya bulan ramadhon penuh dengan barokah (kebaikan) dan bonus amal yang tiada ternilai pahalanya :


Saba Rodululloh:


“Sesungguhnhya Tuhanmu berfirman: Setiap kebaikan akan dilipatgandakan 10 sampai 700 kali lipat, dan shaum itu untukKu dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai api neraka dan bau mulut orang yang shaum lebih harum disisi Alloh dari bau kesturi. Dan apabila ada orang yang mengajakmu berkelahi atau bertengkar maka katakanlah : aku sedang shaum. Dan untuk orang yang shaum ada dua kegembiraan yaitu kegembiraan ketika berbuka shaum dan kegembiraan ketika bertemu dengan Tuhannya” (HR. At-Tirmizi)


Dan barang siapa yang shaum ramadhon dengan penuh keimanan dan dan karena mengharap ridho Alloh pasti akan diampuni dosanya.

Rosululloh bersabda:

Man shooma romadhoona iimaanan wahtisaaban ghufrirolahu ma taqoddama m in zanbihi wamaa taakhkhor

“Barang siapa yang shaum ramadhon dengan penuh keimanan dan mengharap ridho Alloh(wahtisaaban) maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.” HR. Ahmad.

Dalam hadist lain rosululloh bersabda:

…wa huwa syahrun awaluhu rohmatun wa au sathuhu maghfirotun wa aakhiruhu itqun minannari….

“..dan bulan Ramadhan itu permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah pengampunan dosa (mahgfiroh), dan akhirnya pembebasan dari neraka (itqun minannaar)..” (HR. Said bin Al-Musayyab dari Salman )



2. PREMIUM = Pre Makan dan minum, artinya selama romadhon kita harus menahan diri tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Barangsiapa yang sehari tidak shaum ramadhon tanpa uzur maka tidak dapat dibayar dengan shaum sepanjang masa.


Rosululloh bersabda:

Man afthoro yauman min romadhoona min ghoiri rukhshotin rokhkhoshalloohu lahu wa laa marodhin lam yaqdhihi shoumddahri kullihi wa in shoomahu.

“Barangsiapa yang tidak shaum satu hari saja di dalam bulan Romadhon tanpa uzur yang diizinkan Alloh atau sakit maka tidak dapat dibayar dengan shaum sepanjang masa, meskipun dilaksanakannya” (HR. Abu Dawud, An-nasa’a, Al-Baihaqi, dll)

Dalam hadist lain Rosululloh bersabda:

“Pada suatu ketika akau sedang tidur, tiba-tiba datang dua orang laki-laki yang langsung memegang lenganku lalu menunjukkan kepadaku sebuah gunung besar. Kedua oaring itu memrinatahkan kepadaku untuk naik ke gunung itu , tapi aku tidak mampu mendakinya.” Kami akan memberikan kemudahan kepadamu”. Kemudian akupun naik hingga sampai kepuncak gunung dan tiba-tiba terdengar suara yang amat keras. Kamudian aku bertanya suara apakah itu? Mereka menjawab ini suara jeritan penghuni neraka. Lalu aku berjalan lagi tiba-tiba aku bertemu dengan sekelompok orang yang diikat lehernya sehingga darah mengalir deras. Akupun bertanya sipakah mereka? Jawabnya: Mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum waktunu berbuka” (HR. Ibnu Huzaimah dan Ibnu Hibban)



3. SOLAR = sholat lail dengan rajin. Kalau pada bulan selain ramadhan kita malas shalat lail maka selama romadhon kita dilatih shalat lail yaitu shalat tarawih setelah shalat Isya’ dengan harapan setelah raqmadhon kita rajin melakukan shalat lail.


Rasululloh bersabda:

Syahru romadhoona syahrun kataballohu ‘alaikum shiyaamahu wa sanantu lakum qiyaamahu faman shoomahu wa qoomahu iimaanan wah tisaaban khoroja min dzunuubihi ka yaumin waladathu ummuhu.

Bulan ramadhon adalah bulan yang telah diwajibkan oleh Alloh shaum dan aku mencontohkan kepadamu sholat lail, maka barang siapa shaum siang hari dan shalat lail pada malam harinya, benar-benar karena iman dan mengharap ridho Alloh akan keluar dosa-dosanya bagaikan keadaan ketika dilahirkan dari perut ibunya” (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi)



4. MINYAK TANAH = meningkatkan iman dengan banyak tadarus dan sedekah. Artinya ramadhon bertujuan meningkatkan keimanan sehingga menjadi orang yang bertaqwa dengan cara memperbanyak tadarus Al-Quran dan bersedekah.


Rasululloh bersabda:


‘’Ashshiyaamu junnatun wash-shodaqotu tuthfiul khotii ata kamaa yutfi-ul maa-unnaaro’

“ Shaum adalah penangkal neraka, sedangkan sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air dapat mematikan api” ( HR. At-Tirmidzi)



5. PERTAMAX = Perbanyak dan tingkatkan amal sholeh dengan maksimal

Artinya selama ramadhon kita lakukan berbagai amal sholeh seperti shalat sunat, sedekah, tadarus, i’tikaf, malam lailatul qadr, zikir dan lain-lain secara maksimal karena nilai pahalanya sangat besar.


Rasululloh bersabda:


“Hai manusia, telah tiba padamu bulan yang barokah, di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, Alloh mewajibkan shaum didalamnya dan bangun malamnya hanya sunat, maka barang siapa yang mendekat kepada Alloh dengan beramal sholeh maka bagaikan orang yang mengerjakan fardhu di bulan lain, dan siapa yang melakukan yang fardhu, maka sama dengan 70 fardhu di bulan lain, dan ia bulan kesabaran, dan sbar itu pahalanya surga, dan bulan bantuan petolongan, dan bulan bertambahnya rizki, dan barangsiapa yang memeberi makan kepada orang yang berbuka shaum, maka akan mendapat pengampunan dosanya,dan melepas dirinya dari api neraka, dan dia mendapat pahala seperti orang buka itu, tanpa mengurangi pahala orang itu sedikitpun.”




6. PULSA = puasa pelatihan kesabaran. Sabar ada beberapa macam diantaranya adalah sabar dalam menerima musibah dan sabar dalam menjalankah ibadah atau menjalankan perintah Alloh. Dalam menjalankan shaum banyak sekali ujiannya. Oleh sebab itu shaum adalah latihan bagi kita untuk sabar.


Rasululloh bersabda:

Likulli syai-in zakaatun wa zakaatul jasadish shoumu wash-shiyamu nishfush sobri

“Setiap sesuatu itu ada zakatnya . sedangkan zakat jasad (badan) adalah shaum. Dan shaum adalah separo dari sabar” (HR. Ibnu Majah)


Dalam hadist lain Rosululloh bersabda:

Wa huwa syahrush shobri wash shobru tswaabuhul jannata

“…dan ia bulan kesabaran , dan sabar itu pahalanya sorga…”(HR. Said bin Al-Musayyab dari Salman )



7. SIMPATI = selalu ingin memberi perhatian kepada orang miskin, artinya puasa itu latihan bagi ita untuk bersimpati kepada orang-orang miskin. Kalau kita shaum merasakan laparnya mungkin hanya siang hari bulan romadhon tapi bagi fakir miskin mereka merasakannya sepanjang hari sepanjang tahun.

Alloh berfirman:


Aro-aita lladzii yukadzdzibu biddin. Fadzaalika lladzii yadu’ulyatiim. Walaa yahudhu ‘ala tho’aami miskiini

“Tahukah kamu orang yang mendustkan agama?Yaitu orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan untuk memberi makan kepada orang miskin” (QS. Al-Maa’uun : 1-3)


8. GAS = Surga Alloh Sebagai balasan, artinya kalau semua yang telah diuraikan diatas dilakukan dengan ikhlas dan mencari ridho Alloh semata kita dharamkan oleh Alloh masuk ke dalam neraka dan kita akan dijamin oleh Alloh masuk syurga melalui pintu khusus yang disebut pintu “royyan”

Sabda Rosululloh:


Fil jannati tsmaaniatu abwaabin minhaa baabun yusammar royyana laa yadkhuluhu illaa shooimuun

“Di syurga terdapat delapan pintu, Diantaranya ada pintu yang bernama royyan.Tidak diperkenan memasukinya kecuali orang-orang yang melakukan ibadah shaum” (HR. Bukhori)





Barokalloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar