Pages

Selasa, 08 November 2016

Impuls, momentum, tumbukan



TUGAS XI IPA 6

Hari/Tanggal    : Rabu, 9 Nopember 2016
Jam Ke:           :  7-10
Tugas                           ;   Bagi siswa di kelas Kelas menjadi 5 kelompok (maksimal 5 orang) kerjakan soal di bawah ini dan kumpulkan jawabannya perkelompok di meja Guru Mata Pelajaran

1.      Seorang pemain bisbol akan memukul bola yang datang padanya dengan massa 2 kg dengan kecepatan 10 m/s, kemudian dipukulnya dan bola bersentuhan dengan pemukul dalam waktu 0,01 detik sehingga bola berbalik arah dengan kecepatan 15 m/s.
a.       Carilah besar momentum awal
b.      Carilah besar momentum akhir
c.       Carilah besar perubahan momentumnya.
d.      Carilah besar impulsnya.
e.       Carilah besar gaya yang diderita bola.

2.      Dua buah benda massanya 5 kg dan 12 kg bergerak dengan kecepatan masing-masing 12 m/s dan 5 m/s dan berlawanan arah. Jika bertumbukan sentral, hitunglah :
a.       Kecepatan masing-masing benda dan hilangnya energi jika tumbukannya elastis sempurna.
b.      Kecepatan masing-masing benda dan energi yang hilang jika tumbukannya tidak elastis sama sekali.

3.      Massa perahu sekoci 200 kg bergerak dengan kecepatan 2 m/s. dalam perahu tersebut terdapat orang dengan massa 50 kg. Tiba-tiba orang tersebut meloncat dengan kecepatan 6 m/s. Hitunglah kecepatan sekoci sesaat (setelah orang meloncat)
Jika :
a. arah loncatan berlawanan dengan arah sekoci.
b. arah loncatan searah dengan arah perahu.

4.      Benda jatuh di atas tanah dari ketinggian 9 m. Ternyata benda terpantul setinggi 1 meter. Hitunglah :
a.       Koefisien kelentingan.
b.      Kecepatan pantulan benda.
c.       Tinggi pantulan ketiga.

5.      Sebuah peluru dari 0,03 kg ditembakkan dengan kelajuan 600 m/s diarahkan ppada sepotong kayu yang massanya 3,57 kg yang digantung pada seutas tali. Peluru mengeram dalam kayu, hitunglah kecepatan kayu sesaat setelah tumbukan ?

6.      Bola seberat 5 newton bergerak dengan kelajuan 3 m/s dan menumbuk sentral bola lain yang beratnya 10 N dan bergferak berlawanan arah dengan kecepatan 6 m/s. Hitunglah kelajuan masing-masing bola sesudah tumbukan, bila :
a.       koefisien restitusinya 1/3
b.      tumbukan tidak lenting sama sekali
c.       tumbukan lenting sempurna.

7.      Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian 1½ m di atas sebuah lantai lalu memantul setinggi 0,9 m. Hitunglah koefisien restitusi antara bola dan lantai

8.      Sebuah truk dengan berat 60.000 newton bergerak ke arah utara dengan kecepatan 8 m/s bertumbukan dengan truk lain yang massanya 4 ton dan bergerak ke Barat dengan kecepatan 22 m/s. Kedua truk menyatu dan bergerak bersama-sama. Tentukan besar dan arah kecepatan truk setelah tumbukan.

9.      Dua buah benda A dan B yang masing-masing massanya 20 kg dan 40 kg bergerak segaris lurus saling mendekati. A bergerak dengan kecepatan 10 m/s dan B bergerak engan kecepatan 4 m/s. Kedua benda kemudian bertumbukan sentral. Hitunglah energi kinetik yang hilang jika sifat tumbukan tidak lenting sama sekali.

10.  Sebuah peluru massanya 20 gram ditembakkan pada ayunan balistik yang massanya 5 kg, sehingga ayunan naik 0,2 cm setelah tumbukan. Peluru mengeram di dalam ayunan. Hitunglah energi yang hilang.

                                                                                                Guru mata Pelajaran

                                                                                                Drs. Ismadi Zainal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar