Pages

Rabu, 21 November 2018

TUKANG SOTO YANG DERMAWAN, ORANG MISKIN YANG TIDAK MENGEMIS DAN ORANG KAYA YANG DERMAWAN

Diceritakan bahwa ada seseorang yang sedang menikmati soto di warung soto di pinggir jalan.

Ketika orang ini memesan soto dipojok meja sudah ada seorang yang sedang makan soto di sudut meja.

Tiba tiba datanglah seorang ibu dengan dua orang anaknya. Lalu ibu itu berkata  kepada Penjual Soto'
"Pak berapa harga semangkuk soto?"
" Sepuluh ribu rupiah! Jawab tukang soto.
" Pak saya hanya mempunyai uang 7 ribu rupiah. Bolehkah saya minta dua mangkok soto buat anak anak saya, biarlah kuahnya yang banyak dagingnya sedikit saja" kata ibu tersebut.
"Silahkan duduk bu!"

Kemudian bapak penjual soto dengan ramahnya membawa 3 mangkok soto dengan porsi besar  lalu menyajikannya kepada ibu dan kedua anaknya. Ibu tersebut lalu berkata:
"Pak saya hanya punya uang 7 ribu, saya tidak mempunyai uang untuk membayarnya" kata ibu tersebut.
"Silahkan makan bu, tidak perlu bayar!' kata penjual soto.

Selanjutnya ibu dan kedua anaknya makan soto dengan lahapnya sampai habis.
Setelah selesai makan soto ibu tersebut memngucapkan terimakasih  banyak sambil membungkukkan badan kepada penjual soto , lalu berlalu meninggalkan warung soto tersebut.

Tidak beberapa lama setelah ibu dengan kedua anaknya berlalu maka sesorang yang tadi duduk disudut meja memberikan uang 100 ribu kepada tukang soto.
"Pak ini kembaliannya 90 ribu"Kata tukang soto.

Tidak usah Pa sisanya itu untuk membayar soto ibu ibu tadi dengan kedua anaknya" kata seseorang tersebut.
Selanjujtnya seseorang tersebut juga berlalu meninggalkan warung soto dengan mengendarai sepeda motornya.

Seseorang yang menyaksikan kejadian ini terkagum kagum, karena kebaikan atau sedekah tukang soto langsung dibayar tunai dengan 10 kali lipat.

Apa yang dapat kita petik dari kisah ini?
  1. Bila kita bersedekah dengan ikhlas insyaalloh Alloh harta kita tidak akan berkurangt bahkan Alloh swt akan membalasnya dengan 10 kali sampai 700 kali lipat.                                                                                                                   Dalam AL Quran surah Al Anam ayat 160 Alloh berfirman:"Man jaa-a bil hasanati falahu asyru amtsaa liha, barang siapa yang berbuat kebaikan maqndapat 10 kali lipat amalnya.                                                                                                                          Dalam surah lain, Surah Al baqoroh 261 Alloh berfirman:"Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh, adalah serupa dengan sebulkir benihyang menumbuhkan 7 bulir, pada setiap bulir 100 biji. Alloh emlipatgandakan ganjaran bagi siap yang dikehendakinya. DAn Alloh Maha lauas Karunianya lagi Maha Mengetahui"                                                     
  2.  Orang miskin yang tidak meminta minta jauh lebih mulia dari orang yang miminta minta.                                                                                                                              Dalam hadist yang diriwiayatkan  oleh Ahmah dan Albazar Rosululloh bersabda: :"Ada tiga perkara yang aku bersumpah dengannya, tidak berkurang harta karena sedekah, tidaklah seseorang yang memaafkan orang yang zolim kepada dirinya melainkan Alloh akan tambahkan kemuliaan, dan tidaklah orang yang membuka pintu untuk dirinya meminta minta kepada manusia, melainkan Alloh akan buka untuknya pintu menuju kefakiran"                                                                                       
  3. Tidak akan ada orang yang kelaparan kalau orang kaya yang dermawan mamu menginfakkan sebagian hartanya kepada orang orang yang miskin. Karena pada harta yang kita miliki ada hak hak fakir miskin.                                                                                                                              Firman Alloh dalam surah Adzdzariyat 19.Pada harta mereka ada hak untuk fakir miskin yang meminta minta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar