Pages

Minggu, 13 Juni 2010

BOSAN

Bosan adalah salat satu kata yang setiap hari kita dengar. Bosan menimpa manusia apabila dia sudah tidak lagi menyenangi sesuatu yang tadinya dia senangi atau sangat dia senangi.

Manusia mempunyai sifat yang penuh dengan kelemahan. Pada suatu ketika senang atau gandrung dengan sesuatu sehingga dia tekuni dan setiap saat dilakukan atau dilaksanakan.
Ketika seseorang menyenangi suatu lagu maka setiap hari lagu itu dia nayanyikan. Namun apabila dia sudah hapal betul dengan lagu itu maka dia mulai bosan dan melupakan lagu itu dan kemudian mencari lagu yang baru. Nah itulah salah satu sifat manusia.

Demikian pula apabila dia menemukan sesuatu yang baru yang baru dia bisa maka setiap saat dia akan melakoni sesuatu yang baru itu. Misalnya apabila seseorang baru belajar naik sepeda kemudian dia baru bisa, maka setiap hari dia akan bermain sepeda. Sampai pada akhirnya dia juga bosan dengan sepeda tersebut.

Begitupunbila kita baru bisa memainkan sesuatu game, maka kita akan memainkan game itu setiap hari. Tapi akhirnya tiba pada suatu saat kita akan bosan dengan game itu dan kita melupakannya.

Ada satu hal yang pasti tiak membuat kita bosan. Coba kita menghapal ayat-ayat Al-Qur'an, makin hafal kita, makin lancar kita , makin tau arti ayat-ayat yang kita baca, maka makin senang kita membacanya. Bea dengan lagu yang tadi saya ceritakan.

Saya sebagai manusia biasa juga demikian. Memiliki sufat bosan. Mungkin karena kesibukan, atau karena jenuh akhirnya lama tidak menulis diblog ini.
Namun akhirnya saya berfikir sebenarnya untuk menulis tidaklah sulit. Karena setiap hari setiap saat kita memiliki pengalaman baru yang bisa kita tuangkan dalam beentk tulisan.
Tidak membutuhkan waktu lama. Cukup 10 atau 15 menit kita sudah bisa mebuangkan pangalaman kita dalam bentuk tulisan.

Menulis membuat daya kreatifitas kita berkembang, menulis pengalaman membuat kita tidak lupa akan pengalaman itu. Menulis harus diimbangi juga dengan membaca ayat qouliyah (Qur'an) dan membaca ayat-ayat kauniyah (alam semeta) atau membaca tulisan orang lain.

"Bacalah. Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pemurah. Yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam (pena). Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya" (QS. Al-Alaq : 1-5)


1 komentar:

  1. Terimakasih Pak Ismadi Zainal.
    Tulisan ttng Bosan ini memberikan pencerahan bagi saya.
    Mhn ijin utk di-share ya Pak.
    Salam kenal,

    muhsin budiono

    BalasHapus