Pages

Senin, 12 Desember 2011

KHUTBAH GERHANA BULAN


KHUTBAH SHALAT GERHANA BULAN (KHUSUF)

JUDUL           :    NASEHAT ABU BAKAR

Tanggal           :   10 Desember 2011
Jam                 :   20.00 WIB sd selesai
Tempat           :    Masjid Al-Muhajirin Sadangsari Sekeloa Bandung
Oleh                :   Drs. Ismadi Zainal

Gerhana bulan adalah terhalangnya sinar matahari yang menuju bulan oleh bumi..Kedudukan bulan pada waktu itu terletak pada bayang-baynag inti bumi (umbra) dan pada bayang-bayang kabur bumi (penumbra)
Gerhana total terjadi apabila bulan masuk seluruhnya pada bayangan inti bumi (umbra)
Gerhana bulan sebagian terjadi apabila bulan masuk kedalam bayangan kabur bumi (penumbra)

Banyak sekali ayat Al-Quran yeng menjelasakn tentang Matahari dan Bulan, diantaranya:

هُوَ الَّذِىۡ جَعَلَ الشَّمۡسَ ضِيَآءً وَّالۡقَمَرَ نُوۡرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعۡلَمُوۡا عَدَدَ السِّنِيۡنَ وَالۡحِسَابَ‌ؕ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالۡحَـقِّ‌ۚ يُفَصِّلُ الۡاٰيٰتِ لِقَوۡمٍ 
  
Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. ingatlah Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (Azzumar :5)


اَلَمۡ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسۡجُدُ لَهٗ مَنۡ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنۡ فِى الۡاَرۡضِ وَالشَّمۡسُ وَالۡقَمَرُ وَالنُّجُوۡمُ وَ الۡجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَآبُّ وَكَثِيۡرٌ مِّنَ النَّاسِ‌ ؕ وَكَثِيۡرٌ حَقَّ عَلَيۡهِ الۡعَذَابُ‌ؕ وَمَنۡ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنۡ مُّكۡرِمٍ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ يَفۡعَلُ مَا يَشَآءُ


Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak[669]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. (Yunus : 5)
  
Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. dan Barangsiapa yang dihinakan Allah Maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (Al-Hajj: 18)

Demikianlah bebrapa cuplikan ayat Al-Qur’an tentang Matahari dan Bulan.

Namun pada kesempatan ini saya tidak akan banyak berbicara tentang gerhana  Bulan karena pada tahun ini kita telah melaksanakan shalat sunat gerhana bulan selama 2 kali. Dan kali adalah kali terakhir di penghujung tahun 2011 atau dipermulaan tahun baru Hijriyah 1434.


Nasehat Abu Bakar

Ada 6 hal yang disampaikan oleh Abu bakar didalam nasehatnya

Abu Bakar berkata:
“Sesunguhnya Iblis berdiri depanmu, jiwa dsiebelah kananmu, nafsu disebelah kirimu, dunia disebelah belakangmu, semua anggota tubuhmu berada di sekitar tubuhmu, sedang Alloh di atasmu.

(1) Sementara iblis/syaiton  terkutuk mengajakmu meninggalkan ajaran agama,

Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, Maka anggaplah ia musuh(mu), karena Sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala (Fathir: 6)

(2) Jiwa mengajakmu ke arah maksiat,
  
27. Hai jiwa yang tenang.
28. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya.
29. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku,
30. masuklah ke dalam syurga-Ku. ( Fajr : 27-30 )

(3) Nafsu mengajakmu memenuhi syahwat,

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.       ( Yusuf : 53)

(4) Dunia mengajakmu supaya memiilikinya daripada akhirat,

36. Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan memint harta-hartamu.
37. jika Dia meminta harta kepadamu lalu mendesak kamu (supaya memberikan semuanya) niscaya kamu akan kikir dan Dia akan Menampakkan kedengkianmu. (Muhammad 36 , 37)

(5) Dan anggota tubuhmu mengajakmu melakukan dosa,maka islam mewajibkan perempuan berjilbab
 
Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1] ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Ahzab : 59)
 .
(6) Dan Alloh mengajakmu masuk syurga serta mendapatkan ampunannya,
  
Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Allah mempunyai karunia yang besar. ( Al-Hadid : 21)

Akhirnya Abu Bakar berkata :

Barangsiapa yang mengikuti ajakan iblis maka hilang agama dari dirinya
Barang siapa yang mengikuti ajakan jiwa maka hilang dari dirinya nilai nyawanya,
Barangsiapa yang mengikuti nafsu maka hilang akal dari dirinya
Barangsiapa yang mengikuti ajakan dunia maka hilang akhirat darinya
Dan barangsiapa yang mengikuti ajakan anggota tubuhnya maka hilang syurga dari dirinya
Dan barangsiapa yang memenuhi ajakan Alloh SWT maka hilang dari dirinya semua kejahatan dan memperoleh semua kebaikan

Iblis adalah musuh manusia sementara manusia adalah sasaraannya. Oleh sebab itu hendaklah manusia waspada  karena iblis senantiasa melihat tepat sasarannya.

 Barokalloh!
 Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar