KD
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
NO
SOAL
|
Gelombang
Bunyi
|
1.
Pipa
organa
|
Disajikan pipa organa terbuka dan tertutup yang
mempunyai nada atas yang sama. Panjang pipa organa tertutup diketahui. Siswa
diminta untuk menentukan panjang pipa organa terbuka .
|
1
|
2.
Intensitas
bunyi
|
Disajikan
alat pengukur intensitas bunyi yang diletakkan pada jarak tertentu dan
intensitas tertentu. Kemudian jaraknya diubah. Siswa diminta untuk menentukan
intensitas bunyi sekarang
|
2
|
|
3.
Taraf
Intensitas bunyi
|
Disajikan
intensitas bunyi yang berjarak tertentu dari titik P. Titik R berjarak
tertentu dari sumber Bunyi. Siswa diminta untuk membandingkan taraf intensitas bunyi di titik P dan R
|
3
|
|
4.
Efek
Doppler
|
Disajikan
mobil A dan B yang bergerak saling
mendekati dengan kecepatan tertentu. Kemudian mobil B membunyikan klakson
dengan frekuensi tertentu.Siswa diminta untuk menghitung frekuensi yang
didengar oleh sopir mobil A
|
4
|
|
5.
Pelayangan
bunyi
|
Disajikan
seseorang berdiri disamping sumber bunyi dengan frekuensi tertentu. Sebuah
sumber bunyi lain bergerak mendekati
dengan frekuensi tertentu dan kecepatan tertentu pula. Siswa diminta untuk
menentukan frekuensi layangan Cyang di dengar oleh pendengar.
|
5
|
|
Gelombang
Cahaya
|
1.
Interferensi
Percobaan Young
|
DAisajikan
gambar interferensi celah ganda dengan jarak antara celah, jarak celah ke
layar dan jarak garis terang tertentu ke terang pusat diketahui. Siswa
diminta menentukan panjang gelombang cahaya.
|
6
|
2.
difraksi
Celah tunggal
|
Disajikan
gambar difraksi celah sempit dengan
orde minimum dan lebar celah diketahui . Siswa diminta untuk menentukan
panjang gelombang cahaya.
|
7
|
|
3.
Difraksi
pada kisi
|
Disajikan
kisi dengan garis per cm, orde, dan sudut difraksi diketahui. Siswa diminta
untuk menghitung panjang gelombang cahaya.
|
8
|
|
4.
Interferensi
selaput tipis
|
Disajikan
selaput sabun dengan tebal, sudut bias, indeks bias dan orde diketahui. Siswa diminta untuk menentukan panjang
gelombang cahaya yang digunakan
|
9
|
|
5.
Difraksi
lubang berbentuk lingkaran
|
Disajikan
dua lampu mobil dengan jarak, panjang gelombang, dan diamater pupil
duketahui. Siswa diminta untuk menentukan jarak maksimum mobil agar agar
lampu masaih tampak terpisah
|
10
|
|
Rangkaian
arus searah
|
1.
Hukum
Ohm
|
Disajikan
grafik percobaan hubungan antara tegangan (I) dan Kuat arus (I) dari Hukum
Ohm. Siswa diminta untuk menentukan besar hambatan dalam percobaan tersebut
|
11
|
2.
Hambatan
kawat
|
Disajikan data 5
alat listrik dengan daya dan tegangan tertentu. Siswa diminta untuk menentukan alat listrik
yang memiliki hambatan terbesar
|
12
|
|
3.
Hukum
Kirchhof 1
|
Disajikan
gambar rangkaian 3 buah resistor dengan dengan susunan hambatan campuran,
Salah satu Resistor adalah hambatan lampu dengan daya dan tegangan yang sudah
diketahui. Siswa diminta menghitung kuat arus yang melewati lampu.
|
13
|
|
4.
Amperemeter
dan Voltmeter
|
Disajikan
gambar Voltmeter dan Amperemeter yang digunakan untuk mengukur hambatan
kawat AB yang didihubungkan dengan
sebuah sumber tegangan AC. Siswa diminta menentukan hambatan kawat AB.
|
14
|
|
5.
Hukum
Kirchhoff 2
|
Disajikan
rangkaian dengan dua loop dengan dua
sumber tegangan dan tiga hambatan yang
nilainya diketahui. Siswa diminta untuk menghitung kuat arus pada cabang 1
berdasarkan hukum kirchhoff 2.
|
15
|
|
Listrik
Statis
|
1.
Gaya
Coulumb 3 muatan
|
Disajikan gambar segitiga siku siku ABC dengan
panjang sisi diketahui dan pada sudut sudut segitiga di letakkan muatan yang
sama besar. Siswa diminta untuk menentukan besar gaya Coulumb pada salah satu
sudut segitiga tersebut
|
16
|
2.
Potensial
listrik bola berongga
|
Disajikan
gambar bola konduktor berongga dengan jari-jari diketahui dan muatan diketahui. Siswa diminta untuk
menghitung potensial listrik pada titik yang terletak pada jarak tertentu
diluar lingkaran.
|
17
|
|
3.
Letak
titik yang kuat medannya nol
|
Disajikan
dua buah muatan listrik yang berlainan jenis yang diletakkan pada jarak
tertentu satu sama lain. Siswa diminta untuk
menentukan letak titik yang kuat medannya nol
|
18
|
|
4.
Kapasitor
keping sejajar
|
Disajika
data 4 faktor tentang kapasitas keping sejajar. Siswa diminta untuk
menentukan faktor –faktor yang benar yang mempengaruhi kapasitas kapasitor
keping sejajar.
|
19
|
|
5.
Susunan
kapasitor
|
Disajikan
5 gambar dari 4 buah kapasitor yang nilainya
sama yang sisusun seri paralel. Siswa
diminta untuk menentukan salah satu gambar yang nilainya sudah ditentukan
|
20
|
|
Medan
Magnetik
|
1.
Induksi
magnet kawat lurus
|
Disajikan
gambar kawat lurus dengan kuat arus
diketahui dan berjarak tertentu dari titik P. Siswa diminta untuk
menentukan besar induksi magnet dan
arahnya pada titik P.
|
21
|
2.
Induksi
magnet kawat melingkar
|
Disajikan
gambar kawat berbentuk lingkaran dengan lilitan tertentu dengan kuat
arus diketahui dan jari jari diketahui. Siswa diminta
untuk menentukan besar induksi magnet
dan arahnya pada pusat lingkaran.
|
22
|
|
3.
Muatan
bergerak melingkar dalam medaan magnet
|
Disajikan
gambar muatan listrik yang bergerak di dalam medan magnet dengan kecepatan v.
Siswa diminta untuk menentukan salah satu arah gerak muatan listrik
tersebut dalam medan magnet
|
23
|
|
4.
Gaya
Lorenz dua kawat
|
Disajikan
gambar dua kawat lurus sejajar yang
dialiri arus listrik dengan besar sudah diketahui dan jarak antara kawat
diketahui. Siswa diminta untuk menentukan besar gaya magnetik persatuan
panjang dua kawat tersebut.
|
24
|
|
5.
Arah
gaya Lorenz
|
Disajikan
5 gambar muatan q yang bergerak
dalam medan magnet B dengan
kecepatan v dan gaya F yang arahnya sudah ditentukan. Siswa
diminta untuk menentukan salah satu gambar yang benar arahnya berdasarkan aturan tangan kanan.
|
25
|
|
Induksi
Faraday
|
1.
Hukum Lenz
|
Disajikan
gambar kumparan yang kedua
ujungnya AB dihubungkan dengan
hambatan R. Kumparan tersebut dildekatkan dengan kutub Utara
magnet batang. Siswa diminta
untuk menentukan arah gerakan magnet batang agar arus mengalir dari A ke B
|
26
|
2.
Hukum
Faraday
|
Disajikan
kumparan dengan jumlah lilitan diketahui dan
dan perubahan fluks per sekon diketahui. Siswa diminta untuk
menentukan besar GGL induksi
|
27
|
|
3.
Gerakan
kawat dalam medan magnet
|
Disajikan gambar
kawat PQ yang bergerak bebas dalam
kawat AB berbentuk U dengan kecepatan tertentu yang terletak di dalam medan magnet, Siswa
diminta untuk menentukan besar kuat arus
dan arahnya pada kawat PQ
|
28
|
|
4.
Transformator
|
Disajikan tabel
trafo ideal dengan data tegangan
primer (yang belum diketahui nilainya), arus primer, lilitan primer, tegangan
skunder, arus skunder (yang sudah diketahui nilainya), dan lilitan skunder ( yang belum diketahui nilainya), Siswa
diminta untuk mencari nilai tegangan primer dan nilai lilitan skunder yang
nilainya belum diketahui.
|
29
|
|
5.
Generator
|
Disajikan 4
faktor tentang generator AC. Siswa diminta untuk menentukan faktor faktor
yang benar yang mempengaruhi GGL
generator tersebut
|
30
|
|
Rangkaian
Arus Bolak-Balik
|
1.
Nilai
arus bolak balik
|
Disajikan gambar
bentuk gelombang tegangan arus bolak balik dengan nilai maksimum dan minimum
di ketahui. Siswa diminta untuk
menentukan nilai arus bolak balik yang benar
|
31
|
2.
Gelombang
V dan I Rsistor
|
Disajikan 5
bentuk gelombang tegangan (v) dan kuat arus (I) arus bolak balik. Siswa
diminta untuk menentukan bentuk gelombang dan arus sebuah resistor
|
32
|
|
3.
R-L
seri
|
Disajikan gambar
rangkaian RL seri dengan tengangan sumber,
tegangan Resistor dan nilai
Resistor diketahui. Siswa diminta untuk menentukan Rektansi induktif Induktor
|
33
|
|
4.
R-L-C
seri
|
Disajikan gambar
R-L-C seri, dengan nilai R,L, C dan tegangan sumber diketahui. Siswa diminta
untuk menghitung kuat arus maksimum rangkaian
|
34
|
|
5.
Resonansi
|
Disajikan 4 data
tentang hubungan rektansi induktif
induktor dan rekatansi kapasitif kapasitor. Siswa diminta untuk
menentukan pernyataan yang benar bila terjadi resonansi
|
35
|
|
Radiasi
Elektromagnetik
|
1.
Sifat
GEM
|
Disajikan gambar spektrum gelombang elektromagnetik.
Siswa diminta untuk memilih salah satu pernyataan yang benar tentang sifat
gelombang elektromagnetik
|
36
|
2.
Urutan
gelombang elektromagnetik
|
Disajikan 5
pernyataan tentang urutan gelombang
elektromagnetik. Siswa diminta untuk memilih satu pernyataan yang benar
tentang urutan gelombang elektromagnetik dari panjang gelombang terkecil ke panjang gelombang besar
|
37
|
|
3.
Manfaat gelombang elektromagnetik
|
Disajikan 5 jawaban tentang manfaa gelombang
elektromagnetik. Siswa diminta untuk menentukan manfaat gelombang infra merah
|
38
|
|
4.
Bahaya
gelombang elektromagnetik
|
Dasajikan 5
jawaban tentang bahaya sinar ultraviolet bagi kulit. Siswa diminta untuk
menentukan salah satu yang benar
|
39
|
|
5.
Periode
gelombang elektromagnetik
|
Disajikan periode
gelombang elektromagnetik, Siswa diminta
untuk menentukan jenis gelombang elektromagnetik tersebut
|
40
|
Blog ini adalah kumpulan berbagai macam tulisan dari buah fikiran saya yang saya alami, saya amati, dan saya baca. Kenapa dibelakang Judul Blog ada tambahan d'Is? d'Is adalah judul rumus Fisika ketika saya selesai menurunkan suatu rumus pada waktu saya mengajar. Sehingga d'Is sangat populer dikalangan anak didik saya..........
Senin, 20 November 2017
MATERI PAS KELAS XII
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar