Pages

Selasa, 10 Februari 2009

PEMANTAPAN.....



Sekarang ini semua sekolah sedang sibuk mempersiapkan siswanya dalam menghadapi Ujian Naional. Berbagai macam nama yang diberikan oleh sekolah dalam mempersiapkan siswanya dalam menghadapi Ujian tersebut. Ada yang menyebutnya “Pemantapan”, ada yang menyebutnya “Persiapapan Ujian Naional”, ada pula yang menyebutnya “Program Sukses Ujian”, dan lain-lain.

Tapi apalah artinya sebuah nama “what’s a name?”kata orang Inggris. Apapun itu namanya tujuannya adalah sama yaitu agar semua siswanya bisa lulus dalam Ujian, terutama Ujian Nasional.

Di SMA tempat saya mengajar terlihat kegelisahan siswa karena sekolah belum juga menyelenggarakan Pemantapan. Kegelisahan tersebut karena mereka merasa belum siap menghadapi UN dan mereka juga mendengar bahwa sekolah lain sudah menyelenggarakan pemantapan dari semester I. Sementara Sekolahnya belum ada kabar beritanya.

Seorang siswa bernama Wildan Denny Pramono , menulis comment di face book saya:

ass pa..
pa knpa 20 terlalu santai menghadapi UAN?
padalahal sekolah lain udah mulai pemantapan dari semester satu.....
kenapa qta belum?
tolong pa..
karena kami belum mantap untuk mengahdapi UAN...


Siwa lain bernama Arif Munandar, juga mengirim comment dengan nada kecewa dengan gaya bahasa khas anak muda dan aksen sundanya ...

tmbhan kelas gmana pk?
taw gt mah pak dari dlu aja pk...


Siti Aliyah Hani juga mengirim comment cukup panjang memohon penjelasan dengan nada bingung dan kecewa...

asw.
saiia bngung sma kebijakan skolah...
kok tiba” jadwal pemantapan jadi brubah lg gini...
saia kecewa, sebenernya pak??
sebenernya alasany apa, klo pmantapan di ubah lagi...
bukannya kmaren udah ok pak?
bukannya dulu bapa pernah bilanag , kalo
hari sabtu gag bakal efektif...
skarang tiba” kaiia gtu, dengan materi plajaran yang di us
kan tetap ada.
Sbnrya gman pa?
klo gtu knp gag drri awal ajj.
knpa musti mendekati kaiia gini...
*mohon tanggapanya y papak?
oia saia uda ngirim tugasnya ke email bapa.

Mendapat serangan yang begitu sengit dari siswa , saya menjawab seadanya sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki karena saya bukanlah tataran sebagai pengambil kebijakan.

1.Memang program pemantapan sudah dibuat oleh sekolah dan akan diselenggarakan Minggu ke-3 bulan Februari dan pada waktu pemantapan itu tidak ada lagi pelajaran lain selain pelajaran UN.

2.Terjadinya perubahan karena pemantapan tidak boleh diselenggarakan pada jam pelajaran, tetapi harus diselenggarakan di luar jam pelajaran

3.Siswa tidak perlu khawatir karena disamping pemantapan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran, pada jam pelajaranpun sebenarnya adalah pemantapan, karena materi pelajaran sudah habis.

4.Yang penting siswa berusaha belajar dengan disiplin, kuasai SKL dan berlatih mengerjakan soal-soal sesuai SKL tersebut, lalu berdo’a.

5.Tetap optimis akan berhasil tetapi jangan over optimis.

6.Jangan lupa bagi yang muslim cobalah sering-sering bangun malam untuk shalat tahajjud memohon kepada Alloh agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam belajar dan agar lulus dalam ujian nasional.

7.Terakhir jangan lupa tawakkal atau serahkan saja hasil usaha kita kepada Alloh SWT karena yang menetapkan jalan hidup kita sesungguhnya adalah Alloh SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar