Pages

Kamis, 16 April 2009

PERBEDAAN SISWA SEKOLAH JEPANG DAN SISWA SEKOLAH INDONESIA

Hari Rabu tanggal 15 April 2009 saya berkunjung ke Pabrik Perakitan Mobil Toyota di Karawang Barat.

Ada beberapa hal yang dapat saya petik dari kunjungan tersebut.

1. Pabriknya sangat luas .

2. Tenaga kerjanya hampir semuanya orang Indonesia, 60% teknisi lulusan SMK, dan yang lainnya sarjana. Tidak ada pekerja wanita di dalamnya, kecuali di kantor. Karena perusahaan PMA maka Top Managernya adalah orang Jepang. Tujuannya untuk mengamankan modal mereka.

3. Di pabrik ini waktu sangat berharga dan orang sangat disiplin sehingga tidak terdengar orang ngobrol atau bersantai. Kenapa waktu sangat berharga, karena tiap 3,9menit pabrik ini menghasilkan satu buah mobil.
Setiap hari terdiri dari 2 Ship dengan waktu kerja 8 jam dikurangi istirahat sekitar 65 menit sehingga dalam satu hari mobil yang dihasilkan adalah (8 x 60 menit)- 65 menit : (3,9 menit) x 2 ship = 212 mobil. Bila dalam sebulan 22 hari kerja maka dalam sebulan dihasilkan 212 x 22 =4664 unit mobil. Makanya pekerja Pabrik tersebut tidak pernah terlambat. Karena kalau terlambat akan meneyebabkan kerugian yang sangt besar. Andaikan satu hari saja terlambat 15 menit maka kerugian yang diderita adalah 15 menit :3,9 sama dengan 4 mobil. Andaikan harga sebuah mobil 200 juta maka kerugiannya adalah Rp.800 juta. Oleh sebab itu para pekerja harus sudah tiba di pabrik 15 menit sebelum masuk kerja. Sungguh luar biasa.

Perusahan Jepang menerapkan begitu ketat disiplin waktu. Seharusnya yang melakukan disiplin waktu itu adalah orang Islam. Karena Orang Islam sudah diperintahkan oleh Alloh untuk disiplin dalam waktu, banyak sekali ayat-ayat AlQur'an yang berbicara tentang waktu, anatara alain seperti firman Alloh dalam surat Al-Ashr ayat 1-3:

" Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu pasti merugi. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh ( bekerja dengan disiplin ), mereka saling menasihati dengan kebenaran dan saling menasihati dengan kesabaran"

4. Ada cerita menarik yang disampaikan oleh Presenter dari perusahaan tesebut pada waktu presentasi yaitu perbedaan siswa sekolah Indonesia dan sekolah Jepang yang ada di Indonesia ketika berkunjung ke pabrik tersebut.

a. Siswa sekolah Jepang ketika tiba di halaman Pabrik, tidak ada yang berani keluar dari bus sebelum ada perintah dari Gurunya. Ini artinya anak-anak sekolah Jepang tersebut sangat patuh kepada gurunya. Bagaimana dengan sekolah Indonesia?

b. Sambil menunggu turun dari mobil mereka tidak ada yang berbicara, tapi mereka sibuk membaca buku yang dibawanya masing-masing. Kalau siswa Indonesia bukan baca buku tapi mengobrol atau mendengarkan musik.
Padahal ini adalah ajaran Islam tapi yang mengamalkannya orang Jepang. Di dalam kitab suci Al-Qur'an ayat yang pertama kali diturunkan adalah perintah kepada umat Islam untuk membaca, seperti yang firman Alloh dalam surat Al'alaq ayat 1-2 :

" Bacalah, dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan.Dia menciptakan manusia dari segumpal darah"


c. Ketika diperintahkan Gurunya masuk ke pintu Pabrik, siswa sekolah Jepang sangat disiplin sudah siap berbaris dengan rapi dan teratur tanpa menunggu lagi perintah dari Gurunya.

Padahal disiplin adalah ajaran Islam. Islam mengajar disiplin dalam berbagai hal terutama disiplin waktu. Shalat ada waktu-waktunya, shaum ada waktunya, Haji ada waktunya dan sebagainya.

d. Ketika masuk ke dalam ruangan, siswa Sekolah Jepang selalu mengisi terkebih dahulu kursi yang paling depan.Tapi kenyataannya kalau siswa sekolah Indonesia selalu mengisi kursi yang paling belakang terlebih dahulu.

Ini pun sebenarnya adalah ajaran Islam. Di dalam shalat orang Islam diperintahkan terlebih dahulu untuk mengisi penuh barisan atau shaf yang paling depan.

e. Ketika diminta untuk bertanya, semua siswa sekolah Jepang berdiri dan mengangkat tangannya. dan tidak akan duduk bila tidak dipersilahkan duduk. Tetapi bila pertanyaannya sama, maka yang merasa pertanyaannya sama langsung duduk.
Kalau siswa Indonesia diminta untuk bertanya, maka tidak ada yang mengangkat tangan. Baru ada yang mengangkat tangan kalau dipancing terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar