Pages

Minggu, 20 September 2009

IDIL FITRI 1430 H
by : Ismadi Zainal

Ketika aku sedang di Masjid mennuggu orang yang datang membayar zakat di hari ke-29 Ramadhon 1430 H, aku mengirim sms ucapan selamat idil fitri kepada teman-temanku yang isinya:

Maafkan, bila mata salah melihat, telinga bila salah mendengar, lidah bila salah berucap, tangan bila salah memegang, kaki bila salah melangkah dan hati bila salah menduga. Taqobalallohu minna wa minkum . Selamat Idil Fitri 1430 H. Mohon Maaf lahir dan batin (ISMADI Z dan keluarga)

Aku memilih ucapan maaf seperti di atas karena:
  1. Mata, setiap saat kita gunakan dalam kehidupan sehari. Tanpa mata kita tidak dapat menyaksikan betapa indahnya dunia ciptaan Alloh ini. Hanya kadang-kadang mata kita sering digunakan untuk melihat sesuatu yang bukan haknya. Makanya mata tentu sangat banyak dosanya dan nanti akan dimintakan pertanggungjawabannya di akhirat. Firman Alloh: " Dia mengetahui pandangan mata yang khiyanat (pandangan yang dilarang) dan apa yang disembunyikan oleh hati" (QS.Al-Mu'min: 19)
  2. Telinga, harus digunakan untuk mendengar ayat-ayat Alloh atau melihat yang baik-baik. Tapi sayang telinga kita kebanyakannya digunakan untuk mendengar musik atau hal-hal lain yang tentunya bertentangan dengan ajaran Islam sehingga telinga kita tentu banyak dosanya. Firman Alloh SWT : " Dan kami jadikan (untuk isi neraka jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati tapi tidak dipergunakan untuk memahamai ( ayat-ayat Alloh ), dan mereka mempunyai mata tapi tidak dipergunakan untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Alloh), dan mereka mempunyai telinga tetapi tidak dipergunakan untuk mendengar (ayat-ayat Alloh) . Mereka itu seperti binatang ternak bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.(QS. Al-A'raf :179 )
  3. Lidah, lidah adalah alat kita untuk berbicara. Tapi kadang-kadang lidah kita tidak digunakan untuk berbicara yang baik tapi banyak digunakan untuk menyakiti hati saudara kita sendiri dan melakukan kedustaan. Firman Alloh SWT : " Dan mereka menetapkan bagi Alloh apa yang mereka sendiri membencinya, dan liah mereka mengucapkan kedustaan, yaitu bahwa sesungguhya merekalah yang akan mendapat kebaikan. Tiadalah diragukan bahwa nerakalah bagi mereka, dan sesungguhnya mereka segera dimasukkan ke dalam neraka" (QS. An-Nahl :62)
  4. Tangan, juga banyak melakkan kesalahan karena sering digunakan untuk memegang atau mengambil sesuatu yang bukan milik kita
  5. Kaki, sering digunakan untuk melangkah ke tempat-tempat maksiat bukan ke masjid atau tempat ibadah. Firman Alloh SWT :" Pada hari ketika lidah, tangan, dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang mereka kerjakan" ( QS. An-Nur: 24 )
  6. Hati, hati adalah raja di dalam kerajaan tubuh manusia, kata Imam Ghazali. Dialah yang mengendalikan segala aktivitas hidup kita. Hati juga yang bisa memilih mana yang benar dan mana yang salah sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunah tapi hati kita sering digunakan untuk buruk sangka atau syu-uzzon terhadap orang lain sehingga hati kita menjadi kotor dan banyak dosa. Firman Alloh SWT. : " Ingatlah sesungguhnya kepunyaan Alloh semua yang ada dilangit dan di bumi . Dan orang-orang yang menyerukan sekutu-sekutu selain Alloh, tidak mengikuti suatu keyakinan. Mereka tidak mengikuti kecuali prasangka belaka, dan mereka hanyalah menduga-duga. (QS.Yunus: 66)
Salah seorang teman yang menerima sms dari saya memberi komentar:

That is the most beautiful essay in this ramadhan I've ever read. Let those thousand rivers flow into ocean. Congratulation.

Selamat Idil fitri 1430 H.......





Tidak ada komentar:

Posting Komentar