Pages

Kamis, 01 Oktober 2009

HALAL BI HALAL GURU DAN KARYAWAN SMAN 20 BANDUNG


Salah satu tradisi bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan dan dipatenkan adalah acara silaturahmi sesudah idil fitri yang biasa disebut halal bihalal. Kalau kita terlambat mempatenkannya maka jangan-jangan keduluan dipatenkan oleh negara tetangga kita Malaysia yang sangat doyan mempatenkan sesuatu.

Salturahim artinya tali kasih sayang. Menghubungkan silaturahim artinya menghubungkan tali kasih sayang. Salah satu tradisi dalam acara silaturahim adalah musfahah atau berjabat tangan. Tapi hati-hati jabat tangan yang islami hanya jabat tangan dengan sejenis. Tidak boleh berjabat tangan dengan lain jenis yang bukan muhrim. "Lebih baik memegang bara api daripada bersalaman dengan wanita yang bukan muhrimnya" Sabda Rosululloh.

Kalau begitu sebenarnya dalam tradisi silaturahim tidak islami dong. Benar pisan. Tapi kan kebanyakan dari kita tidak tahu.

Apapun kontroversi tentang silaturahim setiap instansi pasti menyelengarakan acara sialaturahim setiap sehabis idil fitri.

SMA Negeri 20 bandungpun demikian tidak mau ketinggalan. Panitia telah disiapkan jauh hari sebelum lebaran. Pertemuanpun dilakukan oleh panitia beberapa kali untuk mempersiapkan acara tersebut biar sukses.

Saya ditunjuk sebagai koordinator panitia dekorasi. Sebelumnya saya menolak. Tapi untuk menghargai teman yang menunjuk saya akhirnya saya terima walau awalnya dengan berat hati.

Persiapan cukup berat karena dilakuan pasca lebaran. Saya sudah pesan spanduk ke Pa Uhud tapai beliau tidak bisa. Akhirnya satu hari sebelum hari H terpaksa saya mencari tukang spanduk lainnya. Demikian pula ketika pesan kursi ternyata kursi sudah pada dipinjam oleh orang lain. Untung ada satu tempat yang kursinya masih ada. Begitu juga dengan background cukup sulit dicari karena kita mau suasana lebarannya pinky...tapi akhirnya dapat juga yang warna pink.

Kegiatan dekor dimulai siang hari dan berlangsung sampai subuh. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Dan akhirnya cara silaturahim pun berjalan dengan sukses.

Trimaksih ya kepada team dekor yang sudah mengaktualisasikan ide-ide yang saya inginkan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar