Pages

Senin, 09 Maret 2009

MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1430 H

Dalam bukunya “SERATUS TOKOH YANG PALING BERPENGARUH DALAM SEJARAH” karangan Michael H. Hart, 1978, dan diterjemahkan oleh Mahbub Djunaidi, 1982, mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah tokoh nomor satu yang paling berpengaruh didunia.
Namun penilaian Michael H. Hart, bukanlah berdasarkan like and dislike tetapi berdasarkan penelitiannya dari fakta-fakta sejarah yang ditemukannya.
Ada beberapa alasan kenapa Nabi Muhammad SAW dijadikan tokoh nomor satu yang paling berpengaruh didunia:
1. Muhammad SAW adalah dilahirkan dan dibesarkan dipusat peradaban manusia yang berkultur tinggi dan pusat perputaran politik bangsa-bangsa dunia.

2. Pada masa mudanya Muhammad SAW terkenal dengan kejujurannya dalam bertingkah laku sehingga ketika terjadi pertikaian diantara empat suku besar di Makkah siapa yang paling berhak memindahkan hajar aswad ke ka’bah, maka dipanggillah Muhammad SAW untuk memutuskanya. Maka Muhammad SAW mengambil sorbannya kemudian meletakkan hajar aswad diatas sorbannya. Kemudian beliau menyuruh keempat suku itu memegang ujung sorban dan hajar aswad pun dipindahkan tanpa ada yang merasa dirugikan. Karena Kejujurannya itulah beliau kemudian diberi gelar “AL AMIN’.
Pada masa mudanya Muhammad tidak pernah terpengaruh dengan lingkungannya yang bobrok beliau istiqomah dalam sikapnya. Beliau bagaikan ikan di dalam air laut. Walaupun air laut asin...ikan tetap tiak menjadi asin.

3. Pada umur 40 tahun Muhammad SAW dianggkat sebagai Rosul. Dalam 3 tahun di Makkah beliau hanya menyebarkan agama Islam kepada sahabat-sahabat dekatnya. Baru pada tahun 613 M beliau baru bernani tampil didepan umum sedikit-demi sedikit pengikutnya bertambah. Tapi penguasa Makkah menganggap beliau pembuat onar. Akhirnya pada tahun 622 M beliau dan pengikutnya hijrah ke Madinah yang berjarak 200 mil dari Makkah demi keselamatan pengikut-pengikutnya.

4. Di Kota Madinah inilah beliau membangun ummat, mebangun politik berdasarkan petunjuk Alloh sehingga dalam waktu singkat pengikutnya tumbuh bagaikan jamur di musim hujan dan dalam waktu yang cukup singkat pula beliau berhasil membangun pemerintahan, menjadi tokoh yang sangat berpengaruh dan menjadi pemimpin ummat yang sangat ditaati dan disegani. Beliau bertindak sebagai umaro’ , ulama’, pemimpin perang dengan strategi yang sangat jitu, guru dan juga tempat bertanya para sahabat-sahabatnya. Sehingga kota Madinah menjadi kota yang aman, tenteram, dan religius.

5. Dalam peperangan-peperangan beliau melawan Makkah, beliau selalu menang. Dan peperangan berkakhir pada tahun 630 M ketika Makkah takluk yang disebut dengan Futuh Makkah ( penaklukan Makkah). Dan beliau kembali ke Makkah dan membangun Islam disana sehingga dalam waktu singkat beliau menyaksikan berbondong-bondongnya penduduk Makkah memeluk agama Islam.

6. Ketika beliau wafat pada tahun 632, beliau memastikan bahwa beliau adalah sebagai penguasa efektif seantero jazirah Arabia bagian selatan.

7. Setelah beliau wafat dibawah pimpinan para sahabatnya tentara Islam berhasil menaklukkan Mesopotamia, Siria, Palestina , Mesir, Bizantium, Persia, Afrika Utara dan akhirnya Spanyol, sehingga agama Islam akhirnya tersebar keseluruh penjuru dunia.

Memang ada kontroversial diantara umat Islam mengenai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ada yang mengatakan boleh-boleh saja dan yang ekstrim mengatakan bahwa memperingati maulid Nabi Muhammad SAW adalah bid’ah. Yang mengatakan boleh-boleh saja beralasan dengan memeperingati maulid Nabi Muhammad SAW kita dapat mengenal sejarah perjuangan Rosululloh, asal dilakukan dengan cara-cara yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Yang mengatakan bid’ah beralasan karena tidak ada contoh dari Rosul,memperingati maulid Nabi Muhammad SAW adalah mengikuti orang-orang Nasrani memperingati hari Natal ( dan barangsiapa yang mengikuti suatu golongan dia termasuk golongannya) dan banyak orang Islam yang memperingatinya dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan sunah Rosul.

Terlepas dari kontroversial tersebut peringatan maulid Nabi Muhammad SAW selalu dilaksanakan oleh ummat Islam dengan berbagai macam cara. Ada yang positif dan ada yang berbau khurafat. Kita justru harus mengubah yang tidak sesuai dengan ajaran Islam itu dengan cara yang lebih baik dan bermanfaat.

Tapi dari sekian cara yang dilakukan umat Islam dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW adalah dengan pengajian atau pengkajian tentang sejarah Rosulullioh SAW. Siapa itu Muhammad? Diharapkan dengan pengkajian sejarahnya, mengenal pribadinya, timbul cinta kepada Rosululloh, insya Alloh Muhammad SAW bisa kembali menjadi idola remaja-remaja Islam yang sekarang ini lebih mengidolakan Che Guavara, Barack Obama, an lain-lainnya.

Siapa Nabi Muhammad SAW?

1. Muhammad SAW adalah manusia biasa seperti kita, cuma beliau menerima wahyu dari Alloh.

QS. Al-Kahfi ayat 110

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".

QS. Fushshilat ayat 6

Katakanlah: "Bahwasanya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Tuhan kamu adalah Tuhan yang Maha Esa, maka tetaplah pada jalan yang lurus menuju kepadaNya dan mohonlah ampun kepadaNya. Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya,

2. Muhammad SAW adalah Rosul Alloh terakhir

QS. Ali Imran 144

Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul[234]. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

QS. Al Ahzab ayat 40

Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu[1223]., tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

3. Muhammad SAW adalah orang waras dan penyampai peringatan dan penjelasan

QS. AL-A’rof ayat 184

Apakah (mereka lalai) dan tidak memikirkan bahwa teman mereka (Muhammad) tidak berpenyakit gila. Dia (Muhammad itu) tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan lagi pemberi penjelasan.

4. Muhammad SAW dan pengikutnya Keras terhadap orang kafir kasih sayang terhadap sesamanya

QS. Al-Fath ayat 29

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud[1406]. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.

5. Muhammad SAW dikenal oleh orang Yahudi dan Nasrani dalam kitab suci mereka

QS. Al Baqoroh ayat 146

Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri[97]. Dan sesungguhnya sebahagian diantara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui.

QS. AL An-‘am 20

Orang-orang yang telah Kami berikan kitab kepadanya, mereka mengenalnya (Muhammad) seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman (kepada Allah).

6. Muhammad SAW adalah penerima turunnya Al Quran

QS. Al Insan ayat 23

Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Quran kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur-angsur.

QS AS-Sajdah ayat 23

Dan Sesungguhnya Kami telah berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat), maka janganlah kamu (Muhammad) ragu menerima (Al-Quran itu) dan Kami jadikan Al-Kitab (Taurat) itu petunjuk bagi Bani Israil

7. Muhammad SAW menjadi saksi atas semua manusia di hari pembalasan

QS. An-Nahl ayat 89

(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.

QS. Annisa’ ayat 41

Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu

8. Muhammad SAW melarang menyembah selain Alloh

QS. Al Mukminun ayat 66

Katakanlah (ya Muhammad): "Sesungguhnya aku dilarang menyembah sembahan yang kamu sembah selain Allah setelah datang kepadaku keterangan-keterangan dari Tuhanku; dan aku diperintahkan supaya tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam.

9. Muhammad SAW adalah pembawa kebenaran

QS. An-Nisa ayat 170

Wahai manusia, sesungguhnya telah datang Rasul (Muhammad) itu kepadamu dengan (membawa) kebenaran dari Tuhanmu, maka berimanlah kamu, itulah yang lebih baik bagimu. Dan jika kamu kafir, (maka kekafiran itu tidak merugikan Allah sedikitpun) karena sesungguhnya apa yang di langit dan di bumi itu adalah kepunyaan Allah.Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Nah itulah sekilas tentang Nabi Muhammad SAW,mungkin masih banyak lainnya yang belum terungkap dalam tulisan ini. Mudah-mudahan sedikit yang saya sampaikan bermanfaat dan kita bisa mengikuti jejak dan langkah serta sunnah yang dibawanya. Mudah-mudahan dengan mengingat maulid Muhammad SAW dapat menambah kecintaan kita kepadanya .Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar