Pages

Minggu, 29 Maret 2009

KIAT TENANG MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Seorang anak didik saya, Derina, mencegat saya ketika saya keluar dari kelas.
Kemudian kami duduk di tempat duduk koridor sekolah.
Derina curhat kepada saya tentang dirinya yang tidak tenang atau stress menghadapi ujian. Dia meminta nasehat kepada saya bagaimana caranya supaya tenang menghadapi UN.
Sebenarnya bukan hanya Derina yang mengalami stress. Tapi hampir semua siswa kelas XII disemua sekolah baik sekolah negeri maupun swasta.

Ada beberapa kiat agar siap dan tenang menghadapi UN.

1. Fokuskan fikiran hanya untuk UN saja dulu jangan memikirkan Test ke PT / PTN
kecuali cerdas dalam memanage waktu, percuma kan lulus PT kalau tidak lulus UN.

2. Pelajari dengan baik dan kuasai butir-butir SKL ( Standar Kompetensi Lulusan)

3. Kuasai dan pahami dengan baik analis materi SKL.

3. Pelajari dan berlatihlah menyelesaikan model model soal dengan berbagai variasinya sesuai dengan analisis materi SKL, kalau bisa soal-soal yang sudah valid ( Soal-soal UN, Ebtanas, US, dan PTN/PT)

4. Buat jadual belajar harian dengan teratur, misalnya satu malam dua atau tiga pelajaran .Jangan mempelajari semua pelajaran dalam satu malam.

5. Buatlah catatan-catatan materi apa saja yang sudah dikuasai, catat pula materi apa yang kurang dipahami, dan materi apa yang belum dipahami. Tujuannya adalah sebagai
evaluasi hasil belajar. Karena dengan mencatatnya kita bisa mencari atau menanyakan kepada guru tentang materi yang belum dikuasai.
Untuk lulus UN cukup meyakini betul 24 soal ( Nilai 6,0) dari 40 soal UN.

6. Jangan lupa mengatur waktu istirahat. Misalnya kalau hari Minggu tidak perlu belajar. Kalaupun belajar yang sifatnya santai. Gunakan hari minggu untuk refreshing.

7. Untuk mempersiapkan fisik jangan lupa olah raga dengan teratur, dan makan makanan yang bergizi, juga vitamin dan susu.

8. Untuk mempersiapkan mental, bagi yang muslim lakukan shaum nabi Daud ( Senin dan
Kamis).
9. Untuk menenangkan hati perbanyak membaca Al Qur'an

10. Untuk memantapkan fisik dan mental, bagi yang muslim bangunlah pada sepertiga malam terakhir lalu lakukanlah shalat tahajjud semampunya dan berdo'alah kepada Alloh agar diberi kesehatan, kekuatan dan kemampuan dalam menjawab soal-soal UN.

11.Jangan lupa pula mohon do'a dari kedua orang tua agar mereka mendoakan kita.

12.Terakhir serahkan segala usaha dan doa kita kepada Alloh (tawakkal).Manusia hanya berusaha yang menentukan ( taqdir ) adalah Alloh SWT.


Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi peserta didik kelas XII yang akan mengikuti UN.

2 komentar:

  1. Pak Is sekali-kali kirim dong tulisan ke forum guru di PR, tulisan tentang kiat2 bagus lho tinggal diedit lbh umum

    BalasHapus
  2. trimakasih atas kiat kiat'a n agam minta doa'a agar tenang, lancar, dan d beri kemudahan dalam mengerjakan soal soal UN amiiinnn

    BalasHapus