Pages

Senin, 18 Mei 2009

ISTIQOMAH ( TEGUH PENDIRIAN)


Suatu ketika ketika saya sedang berada di atas kendaraan saya membaca tulisan di belakang baju seorang pengendara motor yang bunyinya: " PENCARI NERAKA "

Setelah membaca tulisan itu sepanjang jalan sampai tiba di rumah saya berfikir. Sadarkah orang yang memakai baju itu akan tulisan yang ada di belakang bajunya.
Saya berkata di dalam hati sungguh orang ini adalah orang yang paling berani di dunia, karena dia adalah orang yang paling berani menantang Alloh.
Keberaniannya sungguh luar biasa karena tulisannya dipamerkan sepanjang jalan dan setiap orang yang berada dibelakangnya pasti akan membacanya.

Saya berfikir lagi jangan-jangan orang ini atheis. Karena dia sangat overacting memamerkan keberaniannya kepada orang lain seolah-olah ia ingin menunjukkan dirinya pada orang lain bahwa dia adalah paling pemberani. Mungkin dalam fikirannya dia berkata, nih saya sang pemberani, jangankan manusia Tuhanpun saya lawan.

Padahal di dalam Islam neraka adalah sesuatu yang sangat ditakuti dan dihindari jauh-jauh dengan cara menjalankan perintah Alloh dan menjauhi apa-apa yang dilarangnya. Karena siksanya sangat pedih tiada tara dan seburuk-buruknya temapat tinggal.

Sebagai seorang muslim kita harus tahu dan mengamalkan dua doa yang paling sering dibacakan Rosululloh pada penutup tahiyat akhir sebelum salam didalam shalat yaitu:

"Ya Alloh sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari azab kubur, aku berlindung kepadaMU ari azab neraka jahannam, akau berlindung kepadamu dari fitnah ketika hidup dan setelah mati dan aku berlindung keadamu dari kejahatan fitnah Al MAsih dajjal."

dan...

"Wahai yang membolak balikkan hati, teguhkanlah pendirian kami dalam menjalankan agamaMu dan teguhkanlah pendirian kami."

Dalam doa yang pertama ada 5 permohonan yang senantiasa dimohonkan oleh Rosululloh:

1. Berlindung kepada Alloh dari azab kubur.Ini memberikan pelajaran bagi kita bahwa azab Alloh kepada orang-orang yang tidak beriman bukan saja hanya pada hari pengadilan, tetapi sudah dimulai dari semenjak di dalam kubur.
Artinya alam kubur merupakan pintu urga bagi orang yang beriman dan alam kubur merupakan pintu neraka bagi orang yang tidak beriman.

2. Berlindung dari azab neraka jahannam.

3. Fitnah ketika hidup (di dunia )

4. Fitnah setelah mati ( di akhirat )

5. Fitnah dajjal

Dalam doa kedua Roululloh mengajarkan kepada kita bahwa hati manusia mudah di bolak balik ( bimbang ) dalam menjalankan agama. upaya tetap teguh ( istiqomah ) dalam menjalankan agama satu-satunya jalan adalah memohon kepada Aloh.

Didalam hadist lain Roululloh menjelaskan 4 macam hati:

1. Hati yang jernih (hati orang yang beriman)
2. Hati yang hitam/terbalik ( hati orang-orang kafir
3. Hati yang tertutup/dibalut suatu pembungkus ( hati orang munafik )
4. Hati yang kacau balau/bercampur aduk. Didalamnya ada iman tetapi juga ada
kemunafikan.


Agar pendirian kita teguh (istiqomah) dan hati kita jernih tidak terbalik, tertutup dan kacau balau ada doa Rosululloh lainnya yang harus sering kita baca, yaitu:

"Ya Alloh aku berlindung kepadaMU agar diberi ketetapan hati (istiqomah) dalam menghadapi semua urusan/pekerjaan, kecerdasan (ilmu) yang bermanfaat, sikap yang selalu mensyukuri nikmatMu, beribadah kepadamu secara baik, mempunyai lidah yang benar dan hati yang tenteram."

Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar