Pages

Sabtu, 18 Juli 2009


KIAT HIDUP SEHAT

Pagi ini setelah melakukan kewajiban sholat shubuh dan kegiatan rutin membaca Al Qur'an saya membuka internet dan membaca berita terkini di koran online Republika, Kompas dan Pikiran Rakyat Bandung yaitu pengeboman hotel Ritz Carlton dan JW Mariot.

Sungguh sangat biadab kelakuan para teroris itu. Akibatnya sementara meninggal 9 orang dan cedera sekitar 57 orang.

Ada yang membuat saya kurang enak hati yaitu pertanyaan wartawan kepada Kapolri. Pertanyaannya adalah apakah ada dugaan pengeboman itu dilakukan oleh kelompok JI (Jemaah Islamiah)? Kapolri menjawab sedang diselidiki.

Kenapa tidak enak hati, karena setiap terjadi teror selalu dikait-kaitkan dengan Islam. Padahal agama Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin, yang menjadi rahmat bagi sekalian alam.

Jadi kalau ada orang Islam yang menjadi teroris itu hanyalah oknum dan itu tidaklah identik dengan Islam.
Islam tidak permah memerintah orang untuk membunuh orang lain kecuali dengan cara yang dibenarkan misalnya dalam keadaan perang.

Setelah memberikan komentar seperlunya pada Kompas online saya log out dan mematikan komputer.

Lalu saya bersiap-siap untuk biking.Tapi my wife mengajak saya makan pagi di atas (maksudnya dago atas) sambil jalan-jalan menghirup udara pagi yang masih bersih.

Saya mengeluarkan sepeda motor dan dengan my wife pergi ke dago atas lewat jalan Bojong Kacor. Kira-kira 10 menit kami tiba di sebuah warung dan kami memesan makanan.

Baru saja saya memasukkan makanan ke mulut datang seorang kakek-kakek memesan teh manis.

Selesai makan saya dan isteri saya ngobrol dengan kakek tersebut yang belakangan saya ketahui bernama Pa Sumpeno dan telah berusia 80 tahun.

Karena penasaran saya tanyakan apa kiatnya tetap sehat pada umur 80 tahun.
Kakek itu menjawab kiatnya adalah 5G.
G yang pertama adalah kurangi makan Gula.

G yang kedua kurangi makan Garam.

G yang ketiga adalah kurangi makan Gandum maksudnya karbohidrat.

G yang keempat adalah kurangi makan Gajih maksudnya lemak, dan

G yang kelima kurangi makan Gorengan karena bisa menyebabkan kolesterol .

Kalau itu dihindari insya Alloh sehat.

Selanjutnya jangan lupa harus punya DUIT kata si kakek.

D = doa maksudnya shalat.

U = Usaha maksudnya ibadah atau amal sholeh termasuk olah raga.

I = iman maksudnya meyakini dan mengamalkan rukun iman yang enam.

T = taqwa maksudnya menjalankan semua perintah Alloh dan menjauhi semua larangaNya.

Itulah kiat sehat sang kakek. Kalau kita amalkan insya Alloh sehat.

Begitulah , ternya ilmu bisa didapatkan dimana-mana.

1 komentar:

  1. Tenang Mas,
    Jangan pernah merasa terbebani/bersalah karena mereka2 itu (teroris).
    Kata Aa' Gym "Cukuplah Allah menjadi saksi atas semua perbuatan kita. Jangan sekali2 berharap ridho dari manusia. Dengan begitu keburukan apapun yang dilakukan atas nama Islam tidak akan melunturkan kebesaran Islam sendiri. Dan tidak akan membuat kita bersedih. So.. jangan merasa bersalah sebagai umat Islam apapun yang terjadi".

    Wassalam

    BalasHapus